CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Selasa, 30 Oktober 2012

Makalah Ilmu Alamiah Dasar (IAD)


SILABUS MATA KULIAH
DAN
RENCANA MUTU PEMBELAJARAN



 Oleh: Aprina Chintya





ILMU KEALAMAN
DASAR ( IKD )














LEMBAGA PENGEMBANGAN ILMU-ILMU DASAR
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA
2008


 SILABUS MATA KULIAH
Program studi                           :
Kode Mata Kuliah                    :
Nama Mata Kuliah                   : Ilmu Kealaman Dasar
Jumlah SKS                             : 2
Semester                                  :
Mata Kuliah Pra Syarat            :

Deskripsi Mata Kuliah :
Peningkatan kualitas mahasiswa yang meliputi berfikir kreatif, kritis, sistematika dan ilmiah, berwawasan luas, etis, estetis, kepekaaan dan empati sosial, bersikap demokratis, berkeadapan dan menjunjung tinggi nilai kemampuan, mempunyai wawasan terhadap pelestarian sumber daya alam dan lingkungan hidup, mempunyai wawasan dan seni serta dapat ikut berperan mencari solusi pemecahan masalah lingkungan hidup secara arif. Sehingga materi perkuliahan mencakup : (1) konsep IAD dalam berkehidupan bermasyarakat. (2) Alam pikir manusia dan perkembangannya, (3) Perkembangan dan Pengembangan Ilmu Pengetahuan Alam (4) Bumi dan alam semesta, (5) Keanekaragaman makhluk hidup dan persebarannya, (6) makhluk hidup dalam ekosistem alami, (7) Sumberdaya alam dan lingkungan, (8) Ilmu pengetahuan alam dan teknologi bagi kehidupan manusia, (9) beberapa teknologi penting dan (10) isu lingkungan. Proses pengajaran akan dilakukan di klas dan di lapangan dengan melibatkan kurikulum, tenaga pendidikan, peserta didik, sarana dan prasarana, pembiayaan, supervisi dan kepemimpinan.

Standar Kompetensi
Menjadi ilmuwan dan profesional yang berpikir kritis, kreatif, sistemik dan ilmiah berwawasan luas, etis, estetis, serta memiliki kepedulian terhadap pelestarian sumber daya alam dan lingkungan hidup, serta mempunyai wawasan tentang perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta dapat ikut berperan mencari solusi pemecahan masalah lingkungan hidup secara arif.




Kompetensi Dasar
Indikator
Pengalaman Pembelajaran
Materi Ajar
Waktu
Alat/Bahan/Sumber Belajar
Penilaian
1.      Mengidentifikasi latar belakang konsep IAD dalam berkehidupan bermasyarakat.
Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat :
1.       Menjelaskan latar belakang IAD
2.       Menjelaskan pengertian IAD
3.       Menjelaskan pentingnya IAD dalam berkehidupan bermasyarakat.
1.           Mengkaji konsep dan ruang lingkup Ilmu Kealaman Dasar
2.           Mendiskusikan IAD sebagai bagian kajian berkehidupan bermasyarakat.
1.      Pengertian IAD
2.      Pendidikan perlunya IAD
3.      Ruang lingkup IAD
100  menit
OHP, LCD, Laptop, Kep Dirjen DIKTI 44/DIKTI/Kep/2006
Portofolio tes essay




Kompetensi Dasar
Indikator
Pengalaman Pembelajaran
Materi Ajar
Waktu
Alat/Bahan/Sumber Belajar
Penilaian
2.      Memahami Alam pikir manusia dan perkembangannya.
Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat menjelaskan :
1.      Hakekat manusia dan sifat keingintahuannya.
2.      Perkembangan fisik, sifat dan pikiran manusia
3.      Sejarah Pengetahuan manusia
Mengkaji dan mendiskusikan alam pikir manusia, perkembangannya dan sejarah pengetahuan manusia.
1.      Telaah sumber
2.      Pengorganisasian
3.      Pengarahan
4.      evaluasi
5.      Simpulan sementara
100 menit
OHP, LCD, Lapto, Quran surat Al Baqoroh dan Ali Imran. Prawoto. Genetika dan Evolusi h al 348-377
Portofolio dan tes essay serta tes obyektif.




Kompetensi Dasar
Indikator
Pengalaman Pembelajaran
Materi Ajar
Waktu
Alat/Bahan/Sumber Belajar
Penilaian
3.      Memahami perkembangan dan pengembangan Ilmu Pengetahuan Alam.
1.      Membedakan metode ilmiah dan non ilmiah.
2.      Memahami metode ilmiah
3.      Memahami metode ilmiah sebagai dasar IPA
4.      Mengkaji perkembangan ilmu pengetahuan alam
5.      Memahami ruang lingkup IPA dan dapat mengembangkannya untuk tujuan pembangunan.
1.          Mengkaji dan mendiskusikan aspek aspek berfikirk ilmiah dan non ilmiah
2.          Mengkaji komponen Ilmu Pengetahuan Alam
3.          Mengkaji perkembangan dan pengembangan IPA
1.      Pengarahan
2.      Telaah sumber
3.      Diskusi
100 menit
OHP, LCD, Suharsii Arikunto hal 14-26
Portofolio dan tes essay.




Kompetensi Dasar
Indikator
Pengalaman Pembelajaran
Materi Ajar
Waktu
Alat/Bahan/Sumber Belajar
Penilaian
4.      Memahami Bumi dalamd Alam Semesta
Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat menjelaskan :
1.    Menjelaskan pembentukan alam semesta
2.    Menjelaskan tentang tata surya
3.    Menjelaskan bumi sebagai planet
4.    Menjelaskan tentang struktur bumi
5.    Menjelaskan Pembentukan Benua dan Samodra
Mengkaji dan mendiskusikan alam semesta dan aspek bumi fungsi dan hubungan timbal balik antar aspek penyusun bumi an alam semesta.
1.      Telaah sumber tentang : teori terbentuknya alam semesta, alam mikro alam makro, alam super makro, litosfer, hidrosfer, atmosfer, pedosfer, biosfer.
2.      Interpretasi dan deliniasi diagram alir / foto
3.      Diskusi
100 menit
OHP, LCD, Sumber : IAD UMS
Portofolio dan tes essay dan obyektif.




Kompetensi Dasar
Indikator
Pengalaman Pembelajaran
Materi Ajar
Waktu
Alat/Bahan/Sumber Belajar
Penilaian
5.      Memahami keanekaragaman Makhluk Hidup dan Persebarannya.
Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat menjelaskan :
1.      Mengidentifikasi keanekaragaman Makhluk Hidup
2.      Mendeskripsikan tentang Makhlukk Hidup
3.      Menjelaskan asal mula kehidupan di bumi
4.      Menjelaskan sejarah perkembangan makhluk hidup
5.      Mengidentifikasi persebaran makhluk hidup
1.       Mengkaji keanekaragaman makhluk hidup
2.       Mengkaji persebaran makhluk hidup di suatu wilayah
1.      Makhluk hidup, pengada insani, biota
2.      Perilaku makhluk hidup
3.      Kelangsungan peri kehidupan
4.      Kesejahteraan makhluk hidup
100 menit
OHP, LCD, Laptop, IAD UMS. Muhamad Soejani hal 42-56
Tes essau dan obyektif




Kompetensi Dasar
Indikator
Pengalaman Pembelajaran
Materi Ajar
Waktu
Alat/Bahan/Sumber Belajar
Penilaian
6.      Memahami dan memiliki wawasan tentang makhluk hidup dalam ekosistem alami
Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa dapat menjelaskan tentang makhluk hidup dalam ekosistem alami
Mengkaji dan mendiskusikan tentang populasi dan komunitas makhluk hidupa berbagai benttuk ekosistem alami, aliran energi dan materi dalam ekosistem alami dan macam macam bentuk pola kehidupan
1.      Populasi dan komunitas makhuk hidup
2.      Berbagai bentuk ekosistem alami
3.      Aliran energi dan materi dalam ekosistem alami
4.      Macam macam bentuk pola kehidupan
100 menit
1.      Papan tulis putih, notebook, LCD
2.      Saragih S.Dkk.2007.Kerangka Penghidupan Berkelanjutan
3.      Indeks Biologi dan Pertanian Indonesia, 2002, Departemen Pertanian
Portofolio dan tes essay




Kompetensi Dasar
Indikator
Pengalaman Pembelajaran
Materi Ajar
Waktu
Alat/Bahan/Sumber Belajar
Penilaian
7.      Memahami dan memiliki wawasan tentang Sumber daya Alam dan Lingkungan
Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa dapat menjelaskan tentang Sumber daya Alam dan Lingkungan
Mengkaji dan mendiskusikan tentang klasifikasi sumber daya alam dan lingkungan hidup, konsep konsep pengelolaan sumber daya alam, masalah kependudukan dan lingkungan hidup serta prinsip dan usaha pelestarian sumber daya alam dan lingkungan hidup
1.      Klasifikasi sumber daya alam dan lingkungan hidup
2.      Konsep konsep pengelolaan sumber daya alam
3.      Masalah kependudukan dan lingkungan hidupn serta
4.      Prinsp dan usaha pelestarian sumberdaya alam dan lingkungan hidup
100 menit
1.      Papan tulis putih, notebook, LCD
2.      Undang Undang Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2007 tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional Tahun 2005-2025
3.      Pendidikan Lingkungan 2006 Kementrian Lingkungan Hidup

Portofolio dan tes essay




Kompetensi Dasar
Indikator
Pengalaman Pembelajaran
Materi Ajar
Waktu
Alat/Bahan/Sumber Belajar
Penilaian
8.      Memahami dan memiliki wawasan tentang ilmu pengetahuan alam dan teknologi bagi kehidupan manusia
Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa dapat menjelaskan tentang ilmu pengetahuan alam dan teknologi bagi kehidupan manusia
Mengkaji dan mendiskusikan tentang IPA sebagai dasar pengembangan teknologi, sejarah peradaban manusia dan  perkembangan teknologi, manfaat dan dampak IPA dan teknologi terhadap kehidupan manusia , IPA dan teknologi masa depan.
1.      IPA sebagai dasar pengembangan teknologi
2.      Sejarah peradaban manusia dan perkembangan teknologi
3.      Manfaat dan dampak IPA dan teknologi terhadap kehidupan manusia
4.      IPA dan teknologi masa depan
100 menit
1.      Papan tulis putih, notebook, LCD
2.      Departemen Kesehatan RI, 2008 Panduan Riset Pembinaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Kedokteran 2009
3.      Jasin M, 2000 Ilmu Alamiah Dasar (hal 177-259)
Portofolio dan tes essay




Kompetensi Dasar
Indikator
Pengalaman Pembelajaran
Materi Ajar
Waktu
Alat/Bahan/Sumber Belajar
Penilaian
9.      Memahami dan memiliki wawasan tentang beberapa perkembangan teknologi penting
Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa dapat menjelaskan tentang beberapa perkembangan teknologi penting
Mengkaji dan mendiskusikan tentang bioteknologi, teknologi informasi, dan teknologi kearifan lokal
1.      Bioteknologi
2.      Teknologi informasi
3.      Teknologi kearifan lokal
100 menit
1.      Papan tulis putih, notebook, LCD
2.      Undang Undang Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2007 tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional Tahun 2005-2025
3.      Abdurahaman, 2003 Pembangunan Berkelanjutan Dalam Pengelolaan Sumber Daya Alam Indonesia
4.      Undang-undang Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya
5.      Mendel T 2004 Kesempatana memperoleh informasi
Portofolio dan tes essay

Kompetensi Dasar
Indikator
Pengalaman Pembelajaran
Materi Ajar
Waktu
Alat/Bahan/Sumber Belajar
Penilaian
10.  Memahami dan memiliki wawasan tentang isu lingkungan
Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa dapat menjelaskan tentang isu lingkungan
Mengkaji dan mendiskusikan tentang isu lingkungan global isu lingkungan nasional, isu lingkungan lokal dan studi kasus.
1.      Isu lingkungan global
2.      Isu lingkungan nasional
3.      Isu lingkungan lokal
4.      Studi kasus
100 menit
1.      Undang Undang Republik Indonesia nomor 17 tahun 2007 Tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional Tahumn 2005-2025
2.      Absori, 2006 Model Penyelesaian Sengketa Lingkungan Melalui Pengadilan Dengan Pendekatana Partisipatif
3.      Jasin M 2000 Ilmu Alamiah Dasar
4.      UNDP, 2007 Sisi lain perubahan iklim
Portofolio dan tes essay



RENCANA MUTU PEMBELAJARAN

Nama Dosen                        :     Dosen Pengampum IAD
Program studi                       :
Kode Mata Kuliah                :
Nama Mata Kuliah               :     Ilmu Kealaman Dasar (IAD)
Jumlah SKS                         :     2
Kelas / Semester                  :     Gasal / Genap
Pertemuan                            :     1
Alokasi Waktu                     :     100 menit……………..

I.        Standar Kompetensi
Mahasiswa dapat menjadi ilmuwan dan profesional yang berfikir kritis,kreatif, sistematis dan ilmiah, berwawasan luas, etis, estetis, serta memiliki kepedulian terhadap pelestarian sumberdaya alam dan lingkungan hidup, serta memiliki wawasan tentang perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta dapat ikut berperan mencari solusi pemecahan masalah lingkungan hidup secara arif.

II.     Kompetensi Dasar
Mengidentifikasi latar belakang konsep IAD dalam berkehidupan bermasyarakat.

III.   Indikator
Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat :
  1. Menjelaskan latar belakang IAD
  2. Menjelaskan pengertian IAD
  3. Menjelaskan pentingnya IAD dalam berkehidupan

IV.  Materi Ajar
1.      Pengertian AID
2.      Pendidikan perlunya IAD
3.      Ruang lingkup IAD

V.     Metode / Strategi Pembelajaran : Diskusi Kelompok


VI.  Tahap Pembelajaran
1.      Kegiatan Awal
Dosen membuka pelajaran, mengemukakan sumber, memberikan materi dasar
2.      Kegiatan Inti
Diskusi
3.      Kegiatan Akhir
Dosen membuat rangkuman hasil diskusi




VII.            Alat/Bahan/Sumber Belajar
A.     Alat/Media
OHP, LCD, Laptop
B.     Bahan/Sumber Belajar
Lingkungan Hidup (2007) oleh “ Muhamad Soerjani, Arief Yuwono dan Dedi Fardiaz

VIII.         Penilaian
A.     Teknik dan instrumen penilaian
1.      Hasil diskusi ( dinilai dosen)
2.      Keaktifan interpretasi, identifikasi peta, foto, diagram alir
3.      Keaktifan diskusi
4.      a. Jelaskan ruang lingkup IAD
b. Jelaskan perlunya IAD dalam ilmu saudara
B.     Kriteria Penilaian
2Pt + 3Ps + 5 Tt = Nf
    10
Keterangan
Pt   : Portofolio
Ps  : Proses
Tt  : Tertulis
Nf  : Nilai formatif



RENCANA MUTU PEMBELAJARAN

Nama Dosen                        :     Dosen Pengampum IAD
Program studi                       :
Kode Mata Kuliah                :
Nama Mata Kuliah               :     Ilmu Kealaman Dasar (IAD)
Jumlah SKS                         :     2
Kelas / Semester                  :     Gasal / Genap
Pertemuan                            :     2
Alokasi Waktu                     :     100 menit……………..

I.        Standar Kompetensi
Mahasiswa dapat menjadi ilmuwan dan profesional yang berfikir kritis,kreatif, sistematis dan ilmiah, berwawasan luas, etis, estetis, serta memiliki kepedulian terhadap pelestarian sumberdaya alam dan lingkungan hidup, serta memiliki wawasan tentang perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta dapat ikut berperan mencari solusi pemecahan masalah lingkungan hidup secara arif.

II.     Kompetensi Dasar
Memahami konsep pikir manusia dan perkembangannya

III.   Indikator
Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat menjelaskan :
1.      Hakekat manusia dan sifat keingintahuannya
2.      Perkembangan fisik, sifat dan pikiran manusia
3.      Sejarah Pengetahuan Manusia

IV.  Materi Ajar
1.      Telaah Sumber
2.      Diskusi
3.      Pengarahan
4.      Simpulan sementara

V.     Metode / Strategi Pembelajaran : Pengamatan dan diskusi


VI.  Tahap Pembelajaran
1.      Kegiatan Awal
Dosen membuka, mengemukakan sumber, memberikan materi dasar
2.      Kegiatan Inti
Diskusi
3.      Kegiatan Akhir
Dosen membuat rangkuman hasil diskusi




VII.            Alat/Bahan/Sumber Belajar
A.     Alat/Media
OHP, LCD, Laptop
B.     Bahan/Sumber Belajar
Lingkungan Hidup (2007) oleh “ Muhamad Soerjani, Arief Yuwono dan Dedi Fardiaz

VIII.         Penilaian
A.     Teknik dan instrumen penilaian
1.      Hasil diskusi ( dinilai dosen)
2.      Keaktifan interpretasi, identifikasi peta, foto, diagram alir
3.      Keaktifan diskusi
4.      a. Jelaskan tentang alam pikir manusia
b. Jelaskan sejarah pengetahuan manusia
B.     Kriteria Penilaian
2Pt + 3Ps + 5 Tt = Nf
    10
Keterangan
Pt   : Portofolio
Ps  : Proses
Tt  : Tertulis
Nf  : Nilai formatif



RENCANA MUTU PEMBELAJARAN

Nama Dosen                        :     Dosen Pengampum IAD
Program studi                       :
Kode Mata Kuliah                :
Nama Mata Kuliah               :     Ilmu Kealaman Dasar (IAD)
Jumlah SKS                         :     2
Kelas / Semester                  :     Gasal / Genap
Pertemuan                            :     3
Alokasi Waktu                     :     100 menit……………..

I.        Standar Kompetensi
Mahasiswa dapat menjadi ilmuwan dan profesional yang berfikir kritis,kreatif, sistematis dan ilmiah, berwawasan luas, etis, estetis, serta memiliki kepedulian terhadap pelestarian sumberdaya alam dan lingkungan hidup, serta memiliki wawasan tentang perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta dapat ikut berperan mencari solusi pemecahan masalah lingkungan hidup secara arif.

II.     Kompetensi Dasar
Memahami perkembangan dan pengembangan Ilmu Pengetahuan Alam
(3)

III.   Indikator
1.      Membedakan metode ilmiah dan non ilmiah
2.      Memahami metode ilmiah
3.      Memahami metode ilmiah sebagai dasar IPA
4.      Mengkaji perkembangan ilmu pengetahuan alam
Memahami ruang lingkup IPA dan dapat mengembangkannya untuk tujuan pembangunan

IV.  Materi Ajar
1.      Mengkaji dan mendiskusikan aspek aspek berfikir ilmiah dan non ilmiah
2.      Mengkaji komponen Ilmu Pengetahuan Alam
3.      Mengkaji perkembangan dan pengembangan IPA

V.     Metode / Strategi Pembelajaran : Diskusi kelompok





VI.  Tahap Pembelajaran
1.      Kegiatan Awal
Dosen membuka, mengemukakan sumber, membagikan diagram alir, peta, foto hasil penelitian lapangan.
2.      Kegiatan Inti
1.      Intepretasi diagram alir, peta dan foto hasil penelitian diagram
2.      Identifikasi diagram alir, peta, foto hasil penelitian lapangan
3.      Mendeliniasi materi
4.      Dosen memberikan komentar hasil interpretasi
5.      Diskusi
3.      Kegiatan Akhir
Dosen membuat rangkuman hasil diskusi

VII.            Alat/Bahan/Sumber Belajar
A.     Alat/Media
a.       OHP, LCD, Laptop
b.      Diagram alir, foto (dalam power point)
B.     Bahan/Sumber Belajar
Lingkungan Hidup (2007) oleh “ Muhamad Soerjani, Arief Yuwono dan Dedi Fardiaz

VIII.         Penilaian
A.     Teknik dan instrumen penilaian
1.      Hasil diskusi ( dinilai dosen)
2.      Keaktifan interpretasi, foto, diagram alir
3.      Keaktifan diskusi
4.      a. Jelaskan tentang alam pikir manusia
b. Jelaskan sejarah pengetahuan manusia
B.     Kriteria Penilaian
2Pt + 3Ps + 5 Tt = Nf
    10
Keterangan
Pt   : Portofolio
Ps  : Proses
Tt  : Tertulis
Nf  : Nilai formatif



RENCANA MUTU PEMBELAJARAN

Nama Dosen                        :     Dosen Pengampum IAD
Program studi                       :
Kode Mata Kuliah                :
Nama Mata Kuliah               :     Ilmu Kealaman Dasar (IAD)
Jumlah SKS                         :     2
Kelas / Semester                  :     Gasal / Genap
Pertemuan                            :     4
Alokasi Waktu                     :     100 menit……………..

I.        Standar Kompetensi
Mahasiswa dapat menjadi ilmuwan dan profesional yang berfikir kritis,kreatif, sistematis dan ilmiah, berwawasan luas, etis, estetis, serta memiliki kepedulian terhadap pelestarian sumberdaya alam dan lingkungan hidup, serta memiliki wawasan tentang perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta dapat ikut berperan mencari solusi pemecahan masalah lingkungan hidup secara arif.

II.     Kompetensi Dasar
1.      Mahasiswa dapat memahami tentang alam semesta
2.      Mahasiswa dapat memahami material penyusun bumi

III.   Indikator
Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat menjelaskan tentang :
1.      Teori terbentuknya semesta
2.      Alam mikro
3.      Alam makro
4.      Alam super makro
5.      Litosfer
6.      Hidrosfer
7.      Atmosfer
8.      Pedosfer
9.      Biosfer

IV.  Materi Ajar
1.      Telaah sumber tentang (1) Teori terbentuknya semesta (2) Alam mikro (3) Alam makro (4) Alam super makro (5) Litosfer (6) Hidrosfer (7) Atmosfer (8) Pedosfer (9) Biosfer
2.      Interpretasi dan identifikasi diagram alir dan gambar/foto/peta
3.      Diskusi tiap kelompok

V.     Metode / Strategi Pembelajaran : Diskusi kelompok





VI.  Tahap Pembelajaran
1.      Kegiatan Awal
Dosen membuka, mengemukakan sumber, membagikan diagram alir, foto hasil penelitian lapangan.
2.      Kegiatan Inti
1.      Intepretasi diagram alir dan foto hasil penelitian lapangan
2.      Identifikasi diagram alir, foto hasil penelitian lapangan
3.      Mendeliniasi materi
4.      Dosen memberikan komentar hasil interpretasi
5.      Diskusi
3.      Kegiatan Akhir
Dosen membuat rangkuman hasil diskusi

VII.            Alat/Bahan/Sumber Belajar
A.     Alat/Media
a.       OHP, LCD, Laptop
b.      Diagram alir, foto (dalam power point)
B.     Bahan/Sumber Belajar
Lingkungan Hidup (2007) oleh “ Muhamad Soerjani, Arief Yuwono dan Dedi Fardiaz

VIII.         Penilaian
A.     Teknik dan instrumen penilaian
1.      Hasil diskusi ( dinilai dosen)
2.      Keaktifan interpretasi, identifikasi peta,  foto, diagram alir
3.      Keaktifan diskusi
4.      a. Jelaskan aspek aspek penyusun bumi
b. Jelaskan cara mengidentifikasi potensi air tanah
B.     Kriteria Penilaian
2Pt + 3Ps + 5 Tt = Nf
    10
Keterangan
Pt   : Portofolio
Ps  : Proses
Tt  : Tertulis
Nf  : Nilai formatif



RENCANA MUTU PEMBELAJARAN

Nama Dosen                        :     Dosen Pengampum IAD
Program studi                       :
Kode Mata Kuliah                :
Nama Mata Kuliah               :     Ilmu Kealaman Dasar (IAD)
Jumlah SKS                         :     2
Kelas / Semester                  :     Gasal / Genap
Pertemuan                            :     5
Alokasi Waktu                     :     100 menit……………..

I.        Standar Kompetensi
Mahasiswa dapat menjadi ilmuwan dan profesional yang berfikir kritis,kreatif, sistematis dan ilmiah, berwawasan luas, etis, estetis, serta memiliki kepedulian terhadap pelestarian sumberdaya alam dan lingkungan hidup, serta memiliki wawasan tentang perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta dapat ikut berperan mencari solusi pemecahan masalah lingkungan hidup secara arif.

II.     Kompetensi Dasar
Memahami keanekaragaman Makhluk Hidup dan Persebarannya

III.   Indikator
Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat menjelaskan tentang :
1.      Mengidentifikasi keanekaragaman Makhluk Hidup
2.      Mendeskripsikan tentang Makhluk Hidup
3.      Menjelaskan asal mula kehidupan di bumi
4.      Menjelaskan sejarah perkembangan makhluk hidup
5.      Mengidentifikasi persebaran makhluk hidup

IV.  Materi Ajar
  1. Makhluk hidup, pengada insani, biota
  2. Perilaku makhluk hidup
  3. Kelangsungan peri kehidupan
  4. Kesejahteraan makhluk hidup

V.     Metode / Strategi Pembelajaran : Diskusi kelompok





VI.  Tahap Pembelajaran
  1. Kegiatan Awal
Dosen membuka, mengemukakan sumber, membagikan diagram alir, foto hasil penelitian lapangan.
  1. Kegiatan Inti
1.      Intepretasi diagram alir dan foto hasil penelitian lapangan
2.      Identifikasi diagram alir, foto hasil penelitian lapangan
3.      Mendeliniasi materi
4.      Dosen memberikan komentar hasil interpretasi
5.      Diskusi
  1. Kegiatan Akhir
Dosen membuat rangkuman hasil diskusi

VII.            Alat/Bahan/Sumber Belajar
A.     Alat/Media
a.       OHP, LCD, Laptop
b.      Diagram alir, foto (dalam power point)
B.     Bahan/Sumber Belajar
Lingkungan Hidup (2007) oleh “ Muhamad Soerjani, Arief Yuwono dan Dedi Fardiaz

VIII.         Penilaian
A.     Teknik dan instrumen penilaian
    1. Hasil diskusi ( dinilai dosen)
    2. Keaktifan interpretasi, foto, diagram alir
    3. Keaktifan diskusi
    4. a. Jelaskan pengertian makhluk hidup dan peri kehidupan
b. Jelaskan kriteria kesejahteraan hidup
B.     Kriteria Penilaian
2Pt + 3Ps + 5 Tt = Nf
    10
Keterangan
Pt   : Portofolio
Ps  : Proses
Tt  : Tertulis
Nf  : Nilai formatif



RENCANA MUTU PEMBELAJARAN

Nama Dosen                        :     Dosen Pengampum IAD
Program studi                       :
Kode Mata Kuliah                :
Nama Mata Kuliah               :     Ilmu Kealaman Dasar (IAD)
Jumlah SKS                         :     2
Kelas / Semester                  :     Gasal / Genap
Pertemuan                            :     6
Alokasi Waktu                     :     100 menit……………..

I.        Standar Kompetensi
Mahasiswa dapat menjadi ilmuwan dan profesional yang berfikir kritis,kreatif, sistematis dan ilmiah, berwawasan luas, etis, estetis, serta memiliki kepedulian terhadap pelestarian sumberdaya alam dan lingkungan hidup, serta memiliki wawasan tentang perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta dapat ikut berperan mencari solusi pemecahan masalah lingkungan hidup secara arif.

II.     Kompetensi Dasar
Memahami dan memiliki wawasan tentang makhluk hidup dalam ekosistem alami

III.   Indikator
Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat menjelaskan tentang :
1.      Menjelaskan populasi dan komunitas makhluk hidup
2.      Menjelaskan berbagai bentuk ekosistem alami
3.      Menjelaskan aliran energi dan materi dalam ekosistem alami
4.      Menjelaskan macam macam bentuk pola kehidupan

IV.  Materi Ajar
1.      Populasi dan komunitas makhluk hidup
2.      Berbagai bentuk ekosistem alami
3.      Aliran energi dan materi dalam ekosistem alami
4.      Macam macam bentuk pola kehidupan

V.     Metode / Strategi Pembelajaran
Ceramah, diskusi kelompok dan presentasi




VI.  Tahap Pembelajaran
1.      Kegiatan Awal
a.       Dosen memberikan bahan ajar pada pertemuan sebelumnya.
b.      Dosen membuka kuliah dan menjelaskan tentang makhluk hidup dalam ekosistem alami.
2.      Kegiatan Inti
a.       Dosen membagi mahasiswa menjadi empat kelompok
b.      Masing masing kelompok diminta mendiskusikan materi yang ditentukan sesuai dengan materi ajar.
c.       Masing masing kelompok melaporkan hasil diskusi kelompok.
d.      Masing masing kelompok presentasi dalam diskusi kelas
e.       Dosen memberi komentar dan arahan atas hasil diskusi.
3.      Kegiatan Akhir
Dosen menyampaikan rangkuman hasil diskusi

VII.            Alat/Bahan/Sumber Belajar
A.     Alat/Media : Papan tulis putih, Notebook, LCD
B.     Bahan/Sumber Belajar
1.      Saragih S.Dkk.2007. Kerangka Penghidupan Berkelanjutan
2.      Indeks Biologi dan Pertanian Indonesia,2002,Departemen Pertanian

VIII.         Penilaian
A.     Teknik dan instrumen penilaian
    1. Hasil diskusi
    2. Keaktifan dan sumbangan materi dalam diskusi
    3. a. Jelaskan populasi dan komunitas makhluk hidup
b. Jelaskan berbagai bentuk ekosistem alami
c. Jelaskan aliran energi dan materi dalam ekosistem alami
d. Jelaskan macam macam bentuk pola kehidupan
B.     Kriteria Penilaian
2Pt + 3Ps + 5 Tt = Nf
    10
Keterangan
Pt   : Portofolio
Ps  : Proses
Tt  : Tertulis
Nf  : Nilai formatif




RENCANA MUTU PEMBELAJARAN

Nama Dosen                        :     Dosen Pengampum IAD
Program studi                       :
Kode Mata Kuliah                :
Nama Mata Kuliah               :     Ilmu Kealaman Dasar (IAD)
Jumlah SKS                         :     2
Kelas / Semester                  :     Gasal / Genap
Pertemuan                            :     7 dan 8
Alokasi Waktu                     :     100 menit……………..

I.        Standar Kompetensi
Mahasiswa dapat menjadi ilmuwan dan profesional yang berfikir kritis,kreatif, sistematis dan ilmiah, berwawasan luas, etis, estetis, serta memiliki kepedulian terhadap pelestarian sumberdaya alam dan lingkungan hidup, serta memiliki wawasan tentang perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta dapat ikut berperan mencari solusi pemecahan masalah lingkungan hidup secara arif.

II.     Kompetensi Dasar
Memahami dan memiliki wawasan tentang sumber daya alam dan lingkungan.

III.   Indikator
Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat menjelaskan tentang :
1.      Menjelaskan klasifikasi sumberdaya alam dan lingkungan hidup
2.      Menjelaskan konsep konsep pengelolaan sumber daya alam
3.      Menjelaskan masalah kependudukan dan lingkungan hidup
4.      Menjelaskan prinsip dan usaha pelestarian sumberdaya alam dan lingkungan hidup

IV.  Materi Ajar
1.      Klasifikasi sumberdaya alam dan lingkungan hidup
2.      Konsep konsep pengelolaan sumber daya alam
3.      Masalah kependudukan dan lingkungan hidup
4.      Prinsip dan usaha pelestarian sumberdaya alam dan lingkungan hidup

V.     Metode / Strategi Pembelajaran
Ceramah, diskusi kelompok dan presentasi




VI.  Tahap Pembelajaran
1.      Kegiatan Awal
a.       Dosen memberikan bahan ajar pada pertemuan sebelumnya.
b.      Dosen membuka kuliah dan menjelaskan tentang makhluk hidup dalam ekosistem alami.
2.      Kegiatan Inti
a.       Dosen membagi mahasiswa menjadi empat kelompok
b.      Masing masing kelompok diminta mendiskusikan tentang sumberdaya alam dan lingkungan.
c.       Masing masing kelompok melaporkan hasil diskusi kelompok.
d.      Masing masing kelompok presentasi dalam diskusi kelas
e.       Dosen memberi komentar dan arahan atas hasil diskusi.
3.      Kegiatan Akhir
Dosen menyampaikan rangkuman hasil diskusi

VII.            Alat/Bahan/Sumber Belajar
A.     Alat/Media : Papan tulis putih, Notebook, LCD
B.     Bahan/Sumber Belajar
a.       Undang undang Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2007 Tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional Tahun 2005-2025
b.      Pendidikan Lingkungan 2006 Kementrian Lingkungan Hidup
c.       Biologi dan Pertanian Indonesia, 2002 Departemen Pertanian

VIII.         Penilaian
A.     Teknik dan instrumen penilaian
1.      Hasil diskusi
2.      Keaktifan dan sumbangan materi dalam diskusi
3.      a. Jelaskan klasifikasi sumberdaya alam dan lingkungan hidup macam macam sumberdaya
b. Jelaskan konsep konsep pengelolaan sumberdaya alam
c. Jelaskan masalah kependudukan dan lingkungan
d. Jelaskan prinsip dan usaha sumber daya alam dan lingkungan hidup
B.     Kriteria Penilaian
2Pt + 3Ps + 5 Tt = Nf
    10
Keterangan
Pt   : Portofolio
Ps  : Proses
Tt  : Tertulis
Nf  : Nilai formatif



RENCANA MUTU PEMBELAJARAN

Nama Dosen                        :    
Program studi                       :
Kode Mata Kuliah                :
Nama Mata Kuliah               :     Ilmu Kealaman Dasar (IAD)
Jumlah SKS                         :     2
Kelas / Semester                  :    
Alokasi Waktu                     :     100 menit
Pertemuan                            :     9


I.        Standar Kompetensi
Mahasiswa dapat menjadi ilmuwan dan profesional yang berfikir kritis,kreatif, sistematis dan ilmiah, berwawasan luas, etis, estetis, serta memiliki kepedulian terhadap pelestarian sumberdaya alam dan lingkungan hidup, serta memiliki wawasan tentang perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta dapat ikut berperan mencari solusi pemecahan masalah lingkungan hidup secara arif.

II.     Kompetensi Dasar
Memahami dan memiliki wawasan tentang ilmu pengetahuan alam (IPA) dan teknologi bagi kehidupan manusia..

III.   Indikator
Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat menjelaskan tentang :
1.      Menjelaskan IPA sebagai dasar pengembangan teknologi
2.      Menjelaskan sejarah peradaban manusia dan perkembangan teknologi
3.      Menjelaskan manfaat dasn dampak IPA dan teknologi terhadap kehidupan manusia.
4.      Menjelaskan IPA dan teknologi masa depan

IV.  Materi Ajar
a.       IPA sebagai dasar pengembangan teknologi
b.      Sejarah peradaban manusia dan perkembangan teknologi
c.       Manfaat dasn dampak IPA dan teknologi terhadap kehidupan manusia.
d.      IPA dan teknologi masa depan

V.     Metode / Strategi Pembelajaran
Ceramah, diskusi kelompok dan presentasi




VI.  Tahap Pembelajaran
1.      Kegiatan Awal
a.       Dosen memberikan bahan ajar pada pertemuan sebelumnya.
b.      Dosen membuka kuliah dan menjelaskan tentang ilmu pengetahuan alam (IPA) dan teknologi bagi kehidupan manusia.
2.      Kegiatan Inti
a.       Dosen membagi mahasiswa menjadi empat kelompok
b.      Masing masing kelompok diminta mendiskusikan materi yang ditentukan sesuai dengan materi ajar.
c.       Masing masing kelompok melaporkan hasil diskusi kelompok.
d.      Masing masing kelompok presentasi dalam diskusi kelas
e.       Dosen memberi komentar dan arahan atas hasil diskusi.
3.      Kegiatan Akhir
Dosen menyampaikan rangkuman hasil diskusi

VII.            Alat/Bahan/Sumber Belajar
A.     Alat/Media : Papan tulis putih, Notebook, LCD
B.     Bahan/Sumber Belajar
a.       Departemen Kesehatan RI, 2008, Panduan Riset Pembinaan Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Kedokteran.2009
b.      Jasin M,2000. Ilmu Alamiah Dasar (hal 177-259)

VIII.         Penilaian
A.     Teknik dan instrumen penilaian
1.      Hasil diskusi
2.      Keaktifan dan sumbangan materi dalam diskusi
3.      a.   Jelaskan IPA sebagai dasar pengembangan teknologi
b. Jelaskan sejarah peradaban manusia dan perkembangan teknologi
c. Jelaskan manfaat dasn dampak IPA dan teknologi terhadap kehidupan manusia.
d.   Jelaskan IPA dan teknologi masa depan
B.     Kriteria Penilaian
2Pt + 3Ps + 5 Tt = Nf
    10
Keterangan
Pt   : Portofolio
Ps  : Proses
Tt  : Tertulis
Nf  : Nilai formatif



RENCANA MUTU PEMBELAJARAN

Nama Dosen                        :     Dosen Pengampum IAD
Program studi                       :
Kode Mata Kuliah                :
Nama Mata Kuliah               :     Ilmu Kealaman Dasar (IAD)
Jumlah SKS                         :     2
Kelas / Semester                  :    
Alokasi Waktu                     :     200 menit
Pertemuan                            :     10 dan 11

I.        Standar Kompetensi
Mahasiswa dapat menjadi ilmuwan dan profesional yang berfikir kritis,kreatif, sistematis dan ilmiah, berwawasan luas, etis, estetis, serta memiliki kepedulian terhadap pelestarian sumberdaya alam dan lingkungan hidup, serta memiliki wawasan tentang perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta dapat ikut berperan mencari solusi pemecahan masalah lingkungan hidup secara arif.

II.     Kompetensi Dasar
Memahami dan memiliki wawasan tentang beberapa teknologi penting.

III.   Indikator
Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat menjelaskan tentang :
1.      Menjelaskan bioteknologi dan manfaatnya
2.      Menjelaskan teknologi informasi dan manfaatnya
3.      Menjelaskan teknologi kearifan lokal dan manfaatnya.

IV.  Materi Ajar
1.      Bioteknologi
2.      Teknologi informasi
3.      Teknologi kearifan lokal

V.     Metode / Strategi Pembelajaran
Ceramah, diskusi kelompok dan presentasi




VI.  Tahap Pembelajaran
1.      Kegiatan Awal
a.       Dosen memberikan bahan ajar pada pertemuan sebelumnya.
b.      Dosen membuka kuliah dan menjelaskan tentang beberapa perkembangan teknologi penting.
2.      Kegiatan Inti
Dosen membagi mahasiswa menjadi empat kelompok
a.       Masing masing kelompok diminta mendiskusikan materi yang ditentukan sesuai dengan materi ajar.
b.      Masing masing kelompok melaporkan hasil diskusi kelompok.
c.       Masing masing kelompok presentasi dalam diskusi kelas
d.      Dosen memberi komentar dan arahan atas hasil diskusi.
3.      Kegiatan Akhir
Dosen menyampaikan rangkuman hasil diskusi

VII.            Alat/Bahan/Sumber Belajar
A.     Alat/Media : Papan tulis putih, Notebook, LCD
B.     Bahan/Sumber Belajar
1.      Undang undang Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2007 tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional Tahun 2005-2025
2.      Abdurahman 2003 Pembangunan Berkelanjutan Dalam Pengelolaan Sumber Daya Alam Indonesia.
3.      Undang Undang Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 1990 Tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya.
4.      Departemen Kesehatan RI 2008 Panduan Riset Pembinaan Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Kedokteran 2009.
5.      Mendel T 2004, Kesempatan memperoleh informasi

VIII.         Penilaian
A.     Teknik dan instrumen penilaian
1.      Hasil diskusi
2.      Keaktifan dan sumbangan materi dalam diskusi
3.      a. Jelaskan bioteknologi dan informasinya
b. Jelaskan teknologi informasi dan manfaatnya
c. Jelaskan teknologi informasi kearifan lokal dan manfaatnya
B.     Kriteria Penilaian
2Pt + 3Ps + 5 Tt = Nf
    10
Keterangan
Pt   : Portofolio
Ps  : Proses
Tt  : Tertulis
Nf  : Nilai formatif



RENCANA MUTU PEMBELAJARAN

Nama Dosen                        :     Dosen Pengampum IAD
Program studi                       :
Kode Mata Kuliah                :
Nama Mata Kuliah               :     Ilmu Kealaman Dasar (IAD)
Jumlah SKS                         :     2
Kelas / Semester                  :    
Alokasi Waktu                     :     300 menit
Pertemuan                            :     12, 13 dan 14

I.        Standar Kompetensi
Mahasiswa dapat menjadi ilmuwan dan profesional yang berfikir kritis,kreatif, sistematis dan ilmiah, berwawasan luas, etis, estetis, serta memiliki kepedulian terhadap pelestarian sumberdaya alam dan lingkungan hidup, serta memiliki wawasan tentang perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta dapat ikut berperan mencari solusi pemecahan masalah lingkungan hidup secara arif.

II.     Kompetensi Dasar
Memahami dan memiliki wawasan tentang isu lingkungan.

III.   Indikator
Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat menjelaskan tentang :
1.      Menjelaskan isu lingkungan global
2.      Menjelaskan isu lingkungan nasional
3.      Menjelaskan isu lingkungan lokal
4.      Menyusun dan mempresentasikan makalah studi kasus tentang isu lingkungan.

IV.  Materi Ajar
1.      Isu lingkungan global
2.      Isu lingkungan nasional
3.      Isu lingkungan lokal
4.      Studi kasus

V.     Metode / Strategi Pembelajaran
Ceramah, diskusi kelompok dan presentasi




VI.  Tahap Pembelajaran
1.      Kegiatan Awal
a.       Dosen memberikan bahan ajar pada pertemuan sebelumnya.
b.      Dosen membuka kuliah dan menjelaskan tentang isu lingkungan.
2.      Kegiatan Inti
a.       Dosen membagi mahasiswa menjadi empat kelompok
b.      Masing masing kelompok diminta mendiskusikan materi yang ditentukan sesuai dengan materi ajar.
c.       Masing masing kelompok melaporkan hasil diskusi kelompok.
d.      Masing masing kelompok presentasi dalam diskusi kelas
e.       Dosen memberi komentar dan arahan atas hasil diskusi.
3.      Kegiatan Akhir
Dosen menyampaikan rangkuman hasil diskusi

VII.            Alat/Bahan/Sumber Belajar
A.     Alat/Media : Papan tulis putih, Notebook, LCD
B.     Bahan/Sumber Belajar
1.      Undang-undang Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2007 tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional Tahun 2005-2025
2.      Absori,2006 Model Penyelesaian Sengketa Lingkungan Melalui Pengadilan Dengan Pendekatan Partisipatif.
3.      Jasin M 2000 Ilmu Alamiah Dasar
4.      UNDP,2007 Sisi l ain perubahan iklim.

VIII.         Penilaian
A.     Teknik dan instrumen penilaian
1.      Hasil diskusi
2.      Keaktifan dan sumbangan materi dalam diskusi
3.      a. Jelaskan beberapa isu lingkungan global
b. Jelaskan beberapa isu lingkungan nasional
c. Jelaskan beberapa isu lingkungan lokal
B.     Kriteria Penilaian
2Pt + 3Ps + 5 Tt = Nf
    10
Keterangan
Pt   : Portofolio
Ps  : Proses
Tt  : Tertulis
Nf  : Nilai formatif



RENCANA MUTU PEMBELAJARAN

Nama Dosen                        :     Dosen Pengampum IAD
Program studi                       :
Kode Mata Kuliah                :
Nama Mata Kuliah               :     Ilmu Kealaman Dasar (IAD)
Jumlah SKS                         :     2
Kelas / Semester                  :    
Alokasi Waktu                     :     300 menit
Pertemuan                            :     12, 13 dan 14

I.        Standar Kompetensi
Mahasiswa dapat menjadi ilmuwan dan profesional yang berfikir kritis,kreatif, sistematis dan ilmiah, berwawasan luas, etis, estetis, serta memiliki kepedulian terhadap pelestarian sumberdaya alam dan lingkungan hidup, serta memiliki wawasan tentang perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta dapat ikut berperan mencari solusi pemecahan masalah lingkungan hidup secara arif.

II.     Kompetensi Dasar
Memahami dan memiliki wawasan tentang isu lingkungan.

III.   Indikator
Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat menjelaskan tentang :
a.       Menjelaskan isu lingkungan global
b.      Menjelaskan isu lingkungan nasional
c.       Menjelaskan isu lingkungan lokal
d.      Menyusun dan mempresentasikan makalah studi kasus tentang isu lingkungan.

IV.  Materi Ajar
1.      Isu lingkungan global
2.      Isu lingkungan nasional
3.      Isu lingkungan lokal
4.      Studi kasus

V.     Metode / Strategi Pembelajaran
Ceramah, diskusi kelompok dan presentasi




VI.  Tahap Pembelajaran
1.      Kegiatan Awal
a.       Dosen memberikan bahan ajar pada pertemuan sebelumnya.
b.      Dosen membuka kuliah dan menjelaskan tentang isu lingkungan.
2.      Kegiatan Inti
a.       Dosen membagi mahasiswa menjadi empat kelompok
b.      Masing masing kelompok diminta mendiskusikan materi yang ditentukan sesuai dengan materi ajar.
c.       Masing masing kelompok melaporkan hasil diskusi kelompok.
d.      Masing masing kelompok presentasi dalam diskusi kelas
e.       Dosen memberi komentar dan arahan atas hasil diskusi.
3.      Kegiatan Akhir
Dosen menyampaikan rangkuman hasil diskusi

VII.            Alat/Bahan/Sumber Belajar
A.     Alat/Media : Papan tulis putih, Notebook, LCD
B.     Bahan/Sumber Belajar
1.      Undang-undang Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2007 tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional Tahun 2005-2025
2.      Absori,2006 Model Penyelesaian Sengketa Lingkungan Melalui Pengadilan Dengan Pendekatan Partisipatif.
3.      Jasin M 2000 Ilmu Alamiah Dasar
4.      UNDP,2007 Sisi l ain perubahan iklim.

VIII.         Penilaian
A.     Teknik dan instrumen penilaian
1.      Hasil diskusi
2.      Keaktifan dan sumbangan materi dalam diskusi
3.      a. Jelaskan beberapa isu lingkungan global
b. Jelaskan beberapa isu lingkungan nasional
c. Jelaskan beberapa isu lingkungan lokal
B.     Kriteria Penilaian
2Pt + 3Ps + 5 Tt = Nf
    10
Keterangan
Pt   : Portofolio
Ps  : Proses
Tt  : Tertulis
Nf  : Nilai formatif



0 komentar:

Poskan Komentar